Senin, 02 Mei 2011

Installasi FreeBSD

بِسْـــــــمِ أللَّهِ ألرَّحْمَنِ ألرَّحِيْ
 
Haaaaa, FreeBSD? Apaan lagi tu? Akhir Zaman!! Yahh, ngaco' jadinya.
Ok, kita mulai aja!! Are You Ready? Makin ngaco'..

Baiklah, kita mulai...

Mungkin anda sudah tahu apa itu FreeBSD atau anda juga mungkin belum pernah sama sekali tahu apa itu FreeBSD?

FreeBSD adalah sebuah Operating System bertipe Unix diturunkan dari Unix Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD. FreeBSD berjalan di atas sistem Intel x86 (IA-32), (termasuk Microsoft Xboxsoft Xbox, DEC Alpha, SunUltraSPARC, IA64, AMD64, PowerPC dan arsitektur NEC PC98).
FreeBSD dapat berjalan diberbagai mesin contoh Intel X86 ( 32bit dan64bit), Prosesor Compac/Digital Alpha, MesinSPARC 64bit dari Sun Microsystem, PowerPC, AMD64. FreeBSD merupakan turunan dari Berkeley UNIX. Akan tetapi, FreeBSD tidak bisa dipanggil sebagai Unix.

Lalu apa untungnya dan fungsinya FreeBSD?
Banyak keuntungan yang kita dapat dari System Operasi berbasis Unix seperti FreeBSD ini, salah satunya FreeBSD dapat berjalan di mesin komputer yang spesifikasinya rendah sekalipun, selain itu FreeBSD juga dikenal paling stabil. Tentu saja dengan begitu kita akan merasakan begitu nyaman dan mudahnya menggunakan FreeBSD untuk digunakan dalam system jaringan komputer kita.

Saya akan menjelaskan bagaimana cara menginstall FreeBSD. Dan untuk anda yang belum punya CD/DVD FreeBSD dapat mendownload master ISO nya di sini.

Pada tutorial ini saya menggunakan FreeBSD 7.4-RELEASE-i386.

Adapun Langkah-langkah Installasi adalah sebagai berikut :
1. Booting komputer anda dari CD/DVD-ROM.
2. Masukkan CD/DVD FreeBSD.
3. Biarkan komputer anda booting melalui CD/DVD, tunggu maka akan muncul tampilan dibawah ini, lalu tekan enter.


4. Tunggu sebentar maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini, pilih United State lalu enter.

 
5. Kemudian pilih custom lalu enter.
   
6. Kemudian pilih partition lalu enter.
7. Kemudian partisi hardisk anda, tekan A untuk partisi secara otomatis atau tekan C untuk membuat partisi secara manual, tekan Q untuk finish (selesai).
8. Setelah selesai pada proses partisi secara otomatis anda akan diminta memilih dan menginstall boot manager. Boot manager ini berfungsi untuk proses memanage proses booting komputer dalam booting awal System Operasi komputer anda. Pilih BootMgr jika anda mempunyai 2 System Operasi atau lebih dalam 1 Komputer atau pilih Standar jika tidak ada System Operasi lain dalam komputer anda.

9. Kemudian pilih Label, lalu kemudian isikan partisinya. Yang harus dibuat adalah root ( / ), swap, var, tmp, dan usr. Tekan C untuk create atau tekan A untuk create secara otomatis, tekan Q untuk finish (selesai).
10. Setelah selesai kemudian pilih Distributions. Kemudian pilih [x] minimal, pilih [x] man, pilih [x] src, pilih [x] etc, pilih [x] sys lalu kemudian exit.




11. Setelah itu pilih Media lalu pilih media installasi anda, pilih CD/DVD jika proses installasi yang anda gunakan melalui CD/DVD-ROM atau pilih yang lain sesuai media install anda.



12. Kemudian pilih Commit, lalu pilih yes lalu tunggu proses selesai.




13. Setelah selesai maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini, lalu pilih No, kemudian Exit, lalu pilih Yes untuk Reboot kemudian keluarkan CD/DVD FreeBSD.







14.Installasi FreeBSD anda selesai, untuk masuk login sebagai root (password default kosong) dan anda siap untuk mengoprak-oprek FreeBSD anda sendiri sesuai keinginan anda sendiri.



 
de